Cara memperbaiki tv panasonic hidup sebentar mati lagi

Cara memperbaiki tv panasonic hidup sebentar mati lagi- Kerusakan tv panasonic flat yang hidup sebentar lalu mati pada masalah yang kali ini merupakan gejala kerusakan yang jarang terjadi pada tv. Biasanya kerusakanyang sering dialami tv tabung adalah mati total, mati standby atau juga mati protek.

Baca Perbedaan tv mati total, mati standby dan mati protek

Pada gejala kerusakan tv panasonic yang saya hadapi sekarang ini, gejalanya tidak termasuk diantara salah satu dari macam-macam kerusakan yang sering dialami tv tabung diatas.

Lampu indikator kedap kedip lalu mati lagi, menurut logikanya yang menyebabkan lampu standby pada tv panasonic hidup sebentar lalu mati ini pasti ada masalah pada tegangannya. Bisa saja tegangan B+ drop ataupun over voltage.

Penyebab tv panasonic hidup sebentar mati lagi




Tanpa pikir-pikir lagi, langsung saya buka saja casing tv dan saya perhatikan komponen-komponen yang ada pada mesin tv. Elco-elco, transistor horizontal, dan ic regulatornya terlihat tidak ada masalah.

Selanjutnya saya cek tegangan pada tv tersebut.
Saat mengecek tegangan pada elco utama 150 mikrofarad/450V, terukur normal sekitar 300VDC.
Akan tetapi baru sekitar 5 detik lampu standby kedap kedip lalu mati.

Selanjutnya pengecekan tegangan dilakukan pada rangkaian sekunder trafo switching.
Saat mengukur tegangan pada tegangan B+, terukur tegangan sekitar 250VDC melebihi kapasitas elco yang ada pada jalur B+ tersebut dan tegangan drop seiring lampu standby pada tv mati.

Saya coba ganti optocoupler yang ada pada tv panasonic tersebut dengan yang baru. Karena fungsi optocoupler pada power supply switching tv adalah sebagai penstabil tegangan jika terjadi lonjakan.
Akan tetapi penggantian komponen optocoupler tetap tidak berhasil, tegangan masih saja over voltage.

Cara memperbaiki tv panasonic flat hidup sebentar mati lagi

Walaupun pergantian komponen optocoupler pada tv belum membuahkan hasil, namun saya tidak patah semangat dan berhenti disitu.

Selanjutnya pengecekan komponen di area sekitar ic optocoupler . Pada area ini, saya menemukan dioda D558 disamping optocoupler short atau korslet.
Jika tv dihidupkan tanpa dioda tersebut, tegangann tidak over, namun lampu indikator langsung mati.

Bentuk fisik dari dioda yang short tadi sama dengan dioda zener, akan tetapi lambang pada papan pcb mesin tidak melambangkan dioda zener.



Karena ragu antara dioda zener atau dioda biasa, akhirnya saya putuskan saja untuk mengganti dengan mencari pada bangkai-bangkai tv panasonic yang sudah rusak. Kebetulan ada sebuah mesin yang tipenya persis sama.

Setelah penggantian komponen cabutan tersebut,  dengan perasaan yang penuh harap tv akan bisa hidup normal. Lalu saya coba hidupkan tv, belum sampai flyback bekerja, tapi lampu indikator tv kedip-kedip lagi.

"Hadeuh, masalah baru lagi" pikir saya dalam hati.
Coba cek tegangan B+ kembali, ternyata tegangan masih saja meninggi.
Kecurigaan kembali tertuju pada dioda yang diganti tadi. Benar saja, ternyata dioda yang diganti tadi kembali short.

"Aduh, padahal kan gak tau itu dioda jenis apa, malah short lagi. Bakalan pusing nih -_-"
Karena masih yakin tv akan bisa kembali normal, akhirnya saya cek kembali satu persatu komponen di sekitar optocoupler.
Ternyata kapasitor C565 dalam keadaan short, pantas saja dioda D558 kembali korslet.

Untuk pengganti kapasitor C565 tersebut saya menggunakan kapasitor dari cabutan mesin panasonic yang tadi.
Namun yang menjadi masalah adalah dioda D558 yang kembali short ini, padahal tulisan di bodi nya sudah tidak jelas.

Dengan hanya bermodalkan nekad saja , akhirnya saya putuskan untuk menggunakan IN4148 sebagai pengganti D558 tersebut.

Setelah memastikan tidak ada lagi komponen di sekitar tidak ada yang short lagi, lalu saya tes hidupkan tv dengan probe multimeter mengukur tegangan B+.

Chickksss... terdengar bunyi flyback menyembur ke tabung dan ternyata tv menyala normal.
Akhirnya perjuangan saya tidak sia-sia.



Setelah tv di tes hidupkan lama , tidak ada tanda-tanda masalah lagi.
Lalu saya tutup kembali casing tv dan tinggal menunggu yang punya tv datang untuk menjemput tv nya.
Baca juga 4 Cara memperbaiki Ps2 tebal tidak ada suara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memperbaiki tv panasonic hidup sebentar mati lagi"

Post a Comment