Cara Memperbaiki Tv Toshiba Hanya Standby

Cara Memperbaiki Tv Toshiba Mati Standby


Setelah kemarin sukses memperbaiki tv toshiba Matot . Sekarang datang lagi pasien baru , masih dengan merk yang sama yaitunya tv toshiba 21 inch .
Kata si pemilik tv, " tadi malam waktu lagi asik nonton suaranya mulai jelek mas, setelah beberapa lama hanya lampu merahnya aja yang nyala "
Mendengar pengakuan sang pemilik tv tersebut , saya berpikir " apa mungkin ic suaranya rusak? "
Singkat cerita saya coba colokkan steker tv , ternyata benar saja. Tv gak nyala , hanya STANDBY. Saya coba tekan-tekan tombol program atau CH di tv tidak ada respon .
Karena yang punya tv katanya ada urusan , dia bilang " saya tinggal aja dulu mas ya , nanti kalo ada yang patut diganti, ganti langsung aja "
Mendengar kata-kata si pemilik tv saya jadi makin semangat untuk memperbaiki tv nya.
Belum berapa lama yang empunya tv pergi saya langsung buka aja casing tv nya ( mumpung lagi sepi barang servis ) hehe

Penyebab Tv Toshiba Mati Standby


Penyebab tv standby itu banyak , seperti karena kerusakan pada blok psu,horizontal, isolator,audio dan banyak lagi, Jadi kita harus cek dengan teliti.
Pertama cek dulu tegangan di elco input 450v disitu terukur sekitar 350v dc.
Setelah itu cek tegangan output dari switching.
Pada elco 160v harusnya terukur 115v hanya sekitar 50-60v
Pada elco output 470/35v hanya terukur 10-12v
Dan tegangan pada elco 2200/25v ( untuk tegangan 14v ke audio dan menggunakan ic 7805 untuk suplay osilator ) hanya terukur 3-4v
Dari data yang terukur diatas , berarti semua tegangan drop .
Saya coba lepas kaki jumperan untuk ke flyback tv , lalu coba ukur tegangan lagi , namun tetap sama . Tegangan masih saja drop.
Setelah mengingat kata-kata si pemilik tv "semalam sebelum sebelum mati, suara tv mulai jelek "
Maka saya coba hidupkan dan saat pendingin ic suara dipegang , waduh .. panas bener ini IC.
Cabut kabel tv , lalu cek dengan x1 ohm meter . Ukur antara kaki positif dan negatif elco untuk Vcc audio , ternyata ic nya short . Pantesan jadi panas gitu .
Saya lepas ic suara tv tersebut , lalu coba hidupkan tv . Alhasil tv nyala , dan cek tegangan pun gak ada yang drop .
Ternyata penyebab tv toshiba standby itu karena ic audio nya yang short . sehingga tegangan yang lain jadi ikut drop.
Tv toshiba ini menggunakan ic audio bernomor seri LA 42051 .
Saat saya cari ke toko-toko elektronik di daerah saya malah gak ada yang jual , waduh .. malah jadi pusing nih .
Setelah pencarian sekitar 2hari . Saya pikir-pikir mungkin ada ic lain yang bisa dipakai . Maka saya cari datasheet ic tersebut .

Persamaan IC suara toshiba LA 42051

Untuk mendapatkan persamaan dari sebuah ic, maka kita harus tau dulu datasheet ic yang akan dicarikan persamaannya itu .
seperti ic suara LA 42051 ini.

Data Sheet IC LA 42051

Data IC suara LA 42051

  1.  Ripple Filter
  2.  N.c
  3.  Pre Ground
  4.  IN
  5.  STB
  6.  P.P
  7.  Vcc
  8.  Out
  9.  N.c
  10.  Pwr Ground
  11.  N.c
  12.  N.c
  13.  N.c

Data Sheet IC LA 42102
Data IC Suara LA 42102
  1.  Ripple Filter
  2.  IN 1
  3.  Pre Ground
  4.  IN 2
  5.  STBY
  6.  Mute
  7.  Vcc
  8.  + Out2
  9.  - Out2
  10.  Pwr Ground
  11.  -Out1
  12.  + Out1
  13.  N.c

Data Sheet IC LA 42152
Data IC Suara LA 42152
  1.  Ripple Filter
  2.  IN 1
  3.  Pre Ground
  4.  IN 2
  5.  STBY
  6.  Mute
  7.  Vcc
  8.  + Out2
  9.  - Out2
  10.  Pwr Ground
  11.  -Out1
  12.  + Out1
  13.  N.c
Dari ketiga referensi ic diatas , dilihat dari datasheet nya , ketiga ic itu memiliki data yang sama .
Hanya saja IC LA 42051 hanya mempunyai input satu saja , berarti ic nya mono .
sedangkan pada IC LA 42102 dan LA 42152 menggunakan dua buah input dan output untuk dua buah speker . berarti kedua IC ini adalah IC stereo .

Untuk persamaan Ic LA 42051 tadi, kita bisa memilih diantar yang dua itu mana yang ingin kita pakai , karena kita tinggal pasang saja IC nya , tidak ada menjumper jalur.
Saya kebetulan mempunyai Ic LA42102 bekas cabutan dari mesin LG Slim . Langsung saya pasang aja , tanpa perlu beli lagi .
Setelah pasang , cek juga speker yang ada pada tv , pastikan spekernya tidak putus . Lalu pasangkan kabel speker ke mesin tv .
coba hidupkan tv , dan tv anda sudah kembali normal :) 

Baca Juga Solusi Memperbaiki Tv Mati Total


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Memperbaiki Tv Toshiba Hanya Standby"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete