Cara Memperbaiki Tv Led LG 24LN4100 Blank tetapi Led Nyala dan Suara Normal

Tv Led Lg Blank Hitam Suara Normal

Tv Led LG Blank Backlight nyala

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Memperbaiki Tv Led Lg yang Blank Hitam.
Kemarin saya dapat pasien tv Led Lg 24 inch Model 24LN4100.
Gejala kerusakannya adalah tv bisa nyala , suara normal, tapi tidak muncul data di layar .
Tipe LG Led 24 inch yang model 24LN4100 banyak yang mengalami masalah seperti ini .
Kata yang punya , kerusakan tv nya suara normal tapi gambarnya gak keluar.
Awalnya saya pikir hanya lampu backlight aja yang putus , setelah saya coba hidupkan ternyata lampu led nyala , tetapi data program tidak keluar alias blank.
Tv led Lg yang blank disini maksudnya adalah tv dalam keadaan hidup, lampu backlight juga menyala dan suara tv pun normal , tetapi di layar tidak keluar gambar.
Sebelum mendapat gejala seperti ini , saya juga pernah melihat teman sesama teknisi yang juga mendapatkan pasien dengan kerusakan yang sama yaitu tv hanya keluar suara saja tapi gambar tidak muncul .

Penyebab kerusakan tv LG hanya keluar suara tidak ada gambar


Waktu itu , teman tersebut hanya membersihkan fleksibel dari mainboard menuju panel layar tv  dengan tiner . Tv pun kembali normal. Ternyata tv tersebut blank karena kabel fleksibel yang kotor karena debu yang menyebabkan mainboard tidak terhubung dengan panel. Sehingga data dari mainboard tidak muncul ke panel layar.

Cara memperbaiki tv led lg 24 inch , Led nyala tapi tidak muncul data

Karena penasaran , saya buka tv lg 24 inch tersebut , dan langsung saja saya lepas kabel fleksibel nya untuk dibersihkan tanpa memperhatikan komponen yang ada pada mainboard.
Setelah dibersihkan , coba hidupkan tv. Tetapi tidak membuahkan hasil . Padahal tembaga diujung fleksibel sudah saya bersihkan dengan tiner dan karet penghapus .
Namun dengan tidak patah  semangat, saya ukur tegangan adaptor yang masuk ke tv .
Tv Led Lg 24 inch ini menggunakan adaptor 19v 2A . Terukur tegangan normal .
Lalu saya perhatikan pada body komponen yang terpasang di mainboard . Terlihat ada beberapa buah elco yang agak menggembung .
Mainboard Lg Led 24LN4100


Ukuran elco yang menggembung di mainboardnya 47 mikro/25v.
Elco yang menggembung menyebabkan data tidak tampil 

Saya coba ganti aja elco-elco tersebut .
Karena tidak mempunyai stok yang sama , saya ganti aja dengan 47mikro/50v. Namun pemasangannya ditidurkan, karena kalau dipasang berdiri, takutnya casing tv tidak bisa terpasang karena terhalang bodi elco yang tinggi.
Untuk melepas elco asli bawaan tv harus sangat hati-hati . Karena bisa merusak jalur pada mainboardnya .

cara pemasangan Elco 47/50v pada mainboard LG 24LN4100

Setelah penggantian elco yang menggembung , saya coba tes kembali tv , dengan penuh harap saya colokkan tv . Ternyata berhasil .
Data pada tv pun muncul , dan raster sudah terlihat .
Ternyata penyebab data tv tidak muncul pada tv Led Lg 24LN4100 tidak hanya disebabkan karena kabel fleksibel yang rusak atau kotor . Tetapi juga bisa karena elco-elco yang sudah kering atau menggembung .

Tampilan Raster TV Lg 24inch

Tampilan layar tv yang tidak blank lagi setelah penggantian elco pada mainboard


Baca Juga Cara Memperbaiki Digital Matrix Lampu Standby Kedip-Kedip

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Cara Memperbaiki Tv Led LG 24LN4100 Blank tetapi Led Nyala dan Suara Normal"

  1. Apakah gangguan pada power supplay bisa membuat horizontal layar LCD TV terganggu Gan?

    ReplyDelete
  2. Kalo gangguan pada layar horizontal lcd itu biasanya karena masalah pada bagian panel lcd nya gan .

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sy punya servisan led lg yg seri penyakit sama persis,kabel fleksi sdh dibersihkan,cek tegangan tcon normal,elko2 nampak normal semua,mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lg yang agan servis itu tcon nya punya blok terpisah atau menyatu dengan panel nya ?

      Elco yang ada pada mainboard nya coba aja ganti gan , yang kemungkinan bisa membuat layar blank . Pengalaman saya waktu servis juga keadaan fisik elco baik ternyata udah kering .

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Saya pun sama gan punya tv lg kendalanya seperti itu,,, pernah service suruh ganti mainboard nya gan,, agan buka lokasi service nya dimana gan?? Saya dri area tegal

    ReplyDelete
  8. Saya pun sama gan punya tv lg kendalanya seperti itu,,, pernah service suruh ganti mainboard nya gan,, agan buka lokasi service nya dimana gan?? Saya dri area tegal

    ReplyDelete
  9. Saya di payakumbuh, sumatera barat.
    Kalo ganti mainboard udah pasti cling itu gan

    ReplyDelete
  10. Tv lcd 42 slim .suara keluar tapi gambar nggak keluar.pius dekat horizontal putus satu.udah di cek IC nya bagus.jadi bingung gan .dimana mana penyakitnya.salam elektro

    ReplyDelete
  11. Salam elektro.
    Tv lcd gak menggunakan ic horizontal om . Di lcd hanya menggunakan rangkaian inverter untuk layarnya ..

    ReplyDelete
  12. Mantap itu baru pengalaman ribet dilapangan sendiri tapi puas dan bahagia dapatkn solusiy sendiri tak putus asa

    ReplyDelete
  13. Mantap itu baru pengalaman ribet dilapangan sendiri tapi puas dan bahagia dapatkn solusiy sendiri tak putus asa

    ReplyDelete