Cara Menembak Tabung Tv yang Gelap Karena Short

Cara Tembak Tabung Tv dengan Kabel Fokus

Sebagai seorang tukang servis atau disebut tuser , pasti banyak masalah kerusakan yang telah ditemukan pada suatu alat yang sedang diperbaiki .
Seperti tv lg superslim yang diantarkan teman tuser kepada saya . Katanya tv lg yang dia bawa itu bisa start tetapi layar tetap gelap. Udah seminggu di ubek-ubek masih tidak ketemu kerusakannya, jadi dia minta tolong untuk dibantu memperbaiki tv pasien tersebut .

Mendengar gejala kerusakan yang disebutkan teman tersebut, saya jadi penasaran juga. Soalnya saya juga belum pernah mendapatkan gejala yang seperti itu.
Saya suruh ditinggal aja dulu tu tv, supaya saya bisa lebih fokus ngerjain nanti . Begitu pikir saya .

Penyebab Tv Lg Layar Hanya Gelap

Langsung ke TKP . Setelah tv saya buka , saya cek semua tegangan , seperti B+ , Vcc Vertikal, Vcc Osilator, 180v, heater dll.
Tegangan normal namun tv kembali protek . Karena tv Lg ini menggunakan rangkaian protek jika terjadi kerusakan .

Untuk memudahkan pekerjaan , saya melepas dulu pin protek tv nya supaya tv tidak kembali protek saat saya sedang menganalisa kerusakan .

Baca Juga Cara Mematikan Pin Protek Tv Lg
Setelah pin protek dilepas, tv sudah tidak akan protek lagi , maka kita akan lebih leluasa menganalisa kerusakan pada tv .
Saya coba colokkan tv , Saat di cek tegangan 180v kok malah drop .
Cabut steker tv , lalu saya cek rangkaian RGB dengan ohm meter pada posisi x1. Mana tau ada komponen yang putus atau korslet.

Baca Juga Bagian Blok Pada Tv Tabung

Benar saja, saya temukan G1 dan G2 short . Saya coba lepas rangkaian dari tabung . Lalu cek kembali dengan skala ohm x1 .
Saat Rangkaian RGB terlepas , G1 dan G2 yang short tadi malah tidak short lagi . Lalu saya coba hidupkan tv dalam keadaan rangkaian RGB terlepas dari tabung, saya ukur tegangan 180v . Ternyata tegangan normal, terukur sekitar 150v - 160v.

Kecurigaan saya tertuju pada tabung nya .
Lalu saya analisa socket pada tabung .
G1 atau Ground terletak pada pin 1 socket .
G2 untuk Screen terletak pada pin 4 socket .
Lalu kedua pin tabung tersebut saya ukur dengan ohm x1 . Dan ternyata short disebabkan karena pin g1 dan g2 pada tabung . Bukan dari rangkaian .
Saya coba baca-baca di google . Dan saya temukan cara memperbaiki tabung tv yang gelap maka saya mencoba praktekkan pada tv yang sedang saya perbaiki.

Cara Memperbaiki Tabung Tv yang Korslet G1 dan G2

Cara memperbaiki tabung tv lemah atau gelap yang dimaksud disini adalah kita akan menembak tabung yang short tadi menggunakan tegangan fokus dari flyback . Caranya sebagai berikut .
1. Siapkan socket CRT 2 buah yang sesuai dengan tabung yang akan ditembak, ( yang 1 sudah terpasang pada rangkaian RGB jadi hanya butuh 1 lagi )
Disini kita beri nama socket crt pada rangkaian RGB ( Crt2 ) dan socket yang lepas ( Crt1 )
2. Solderkan sebuah kabel pada pin 2 socket Crt1 menuju pin 2 socket Crt 2 ( pin2 adalah ground )
Pin G1 dan G2 Crt Tabung

3. Solderkan juga sebuah kabel pada pin4 Crt1 dan ujung satu lagi lepas.
4. Tancapkan Socket Crt1 pada tabung.
5. Pastikan tidak ada kabel yang beradu .
 Pegang kabel pin4 crt1 yang lepas tadi untuk siap2 di dekatkan ke Fokus socket crt2 .
Pin Fokus Socket Crt


6. Colokkan tv dan dekatkan kabel pin 4 crt1 ke fokus socket crt2 .
Lalu cabut colokan tv , lakukan sekitar 2 sampai 3 kali dan jangan lama-lama.
7. Selanjutnya lepaskan socket crt1 dan pasangkan kembali socket crt2 pada tabung .
Coba hidupkan tv . Kalo berhasil, tv akan hidup kembali normal dan tabung sudah tidak gelap lagi .

Baca Juga Persamaan Flyback LG 21 Inch

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Menembak Tabung Tv yang Gelap Karena Short"