Penyebab Tv Sanken Mati Total

Memperbaiki Tv Sanken Mati Total

Banyak jenis merk tv yang dipakai orang-orang di indonesia seperti LG, Sharp , Polytron , Samsung , Changhong , Sanken dan merk keluaran cina lainnya.


Namun tidak sedikit dari berbagai barang keluaran brand tv tersebut yang mengalami kerusakan setiap harinya. Contohnya saja seperti tv sanken 21 inch mati total.
Penampakan tv sanken mati totalnya seperti ini.

walaupun tv telah dicolokkan ke listrik , tetapi tv tetap tidak bisa hidup dan lampu standy tidak menyala.

TV Sanken Vivo Star Mati total

Cara Servis Tv Sanken Mati Total

Dalam memperbaiki sebuah kerusakan pada tv yang harus kita ketahui dulu adalah gejala kerusakan yang dialami tv tersebut ,

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang istilah "mati dalam kerusakan tv"

Biasanya tv yang mati total disebabkan karena rangkaian regulator bermasalah.
Setelah casing tv terbuka langsung saja saya cek kondisi fisik setiap komponen yang ada pada blok regulator tv nya.
Bagi yang belum tau mana blok regulator tv, silahkan baca pembagian blok pada mesin tv.

Saat pengecekan kondisi fisik yang ada pada bloh regulator, saya menemui sekring atau fuse yang ada dekat soket listrik masuknya putus.

Sekring yang putus ini menandakan kalau ada masalah pada bagian regulator.

Selanjutnya saya cek dengan multimeter komponen-komponen yang ada pada regulator, seperti dioda, kapasitor dan lain-lain.
Pada tv sanken tabung 21 inch ini, power regulatornya menggunakan Ic Strw 6753A.
Karena power regulatornya berupa ic jadi saya tidak bisa mengukur dengan pasti kalau ic nya yang rusak. Namun jika ic memang short bisa ditandai dengan elco induk nya akan terukur short jika diukur dengan multimeter menggunakan Ohm x1.

Ternyata terjadi korslet antara kaki positif dengan negatif elco tersebut saat saya mengukur kakinya.
Lalu saya coba buka Ic power regulator yang terpasang tadi dan saya cek lagi apakah masih terjadi korslet.
Ternyata kaki elco sudah tidak short lagi. Berarti korslet memang disebabkan oleh Ic Power Regulatornya . 


Ganti dengan IC yang baru , sekalian saya ganti juga Fuses untuk listrik masuk, fuses itu sudah dipastikan putus kalau terjadi korslet .

Selanjutnya hidupkan tv, seharusnya tv sudah hidup normal. Namun ternyata tidak pada tv yang satu ini .
tidak tahu kenapa pada saat tv yang seharusnya menyala malah ada bunyi krek krek pada bagian flyback sehingga tv tidak nyala.

Lalu saya coba cek bagian flyabck nya . Benar saja , terjadi korslet antara Ground ke Heater Flyback tv tersebut .

Perjuangan belum berakhir, Nomor seri Flyback tv sanken menggunakan Bsc 24-01N40.
saya cari-cari nomor yang serupa di pasaran, tapi jarang yang jual.

setelah 2 hari mencari akhirnya saya putuskan saja untuk mencari solusi lain yakni menggunakan persamaan flyback yang data nya sama dengan yang asli.
baca juga persamaan flyback BSC 24-01N40


Setelah penggantian flyback dengan persamaan nya , alhamdulillah tv bisa hidup normal kembali.
Baca Juga Cara Memperbaiki Gambar Tv bergelombang

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyebab Tv Sanken Mati Total"

  1. Produck sanken tapi mesin china, sama sperti mesin w'com...mungkin ada keunggulan nya ini tv sanken dengan mesin china...

    ReplyDelete