Penyebab Tv LG 21 inch Layar Gambar Tidak Penuh Atas dan Bawah

Tv Lg 21 inch Gambar Cacat Vertikal

Beberapa hari tidak update artikel , karena sibuk sama pekerjaan di dunia nyata.  Akhirnya hari ini saya kembali mempunyai waktu luang untuk berbagi ilmu dan pengalaman elektronik .
Semoga kita semua diberi kesehatan oleh tuhan yang maha esa .

Kemarin saya mendapatkan kerusakan tv LG 21 inch yang masalahnya cacat gambar .
Pada saat dihidupkan,  tv bisa start dan flyback pun nembak ke tabung. Akan tetapi gambar yang dihasilkan tidak normal .
Pada layar bagian bawah tidak penuh sekitar 1/3 tabung dan bagian atas juga kosong sekitar 1/3 tabung . Namun pada bagian atas terdapat garis-garis halus .

TV Lg 21 Inch Gambar tidak penuh atas dan bawah 

Melihat gejala yang dialami, sepertinya tv ini mempunyai masalah pada area vertikalnya.
Biasanya tv lg akan protek jika terjadi masalah pada blok vertikal, tetapi tv yang satu ini berbeda. Tv tetap bisa hidup seperti tidak ada masalah. Mungkin pin protek tv sudah dibuang.

Cara Membuang Protek Tv LG 21 inch

Pikir saya garis-garis halus pada bagian atas layar disebabkan karena ic program yang rusak.
Karena penasaran , langsung saya eksekusi saja tv Lg yang tampilan tidak penuh atas bawah tersebut .

Cara Memperbaiki Tv Lg gambar kurang atas bawah


Seperti biasanya , setelah casing tv dibuka. Saya bersihkan dulu debu-debu yang menempel pada mesin tv .
Membersihkan mesin tv bisa menggunakan kuas atau blower jika ada.
Ternyata pin protek tv tetap terpasang.
Namun saya tidak memikirkan tentang itu.
Kalo gak mengganggu ya biarin aja.  toh masalah tv nya bukan protek buat apa juga mikirin penyebabnya.
Lanjut permasalahan yang tadi.
Setelah dibersihkan, cek bodi-bodi komponen,  seperti elco,  transistor dan juga resistor.  pastikan tidak ada yang hangus.
Saat melakukan pengecekan secara kasat mata tidak ada elco yang menggembung ataupun komponen yang hangus.
Lalu lanjut ke pengukuran tegangan.
Karena masalah terlihat pada blok vertikal,  maka saya coba cek tegangan di blok vertikal tersebut.

Pembagian Blok Pada Mesin Tv Tabung

Dalam keadaan tv dihidupkan,  cek tegangan vcc vertikal atau catu daya untuk ic vertikal. Tv lg 21 inch layar cembung ini menggunakan catu daya vertikal 26v dari flyback.
Di vcc vertikal terukur 26v Dc.  berarti tegangan normal.
Lalu saya coba cek tegangan pada kaki soket vertikal.  terukur 10 sampai 15 volt Dc. Namun juga terukur normal.

Karena penasaran saya buka satu-satu elco pada bagian vertikal tersebut.
Dan ternyata saya temukan ada satu biji elco yang bocor di kaki nya,  tetapi bodi nya tidak menggembung.
Elco pada blok vertikal yang menyebabkan gambar cacat


Jadi ini biang keroknya pikir saya dalam hati.
Elco yang menyebabkan gambar tv lg menjadi cacat vertikal ini berukuran 1000mikro/25v.  saya ganti aja dengan yang baru.
Letak Elco yang menyebabkan gambar cacat vrtikal

Setelah penggantian elco tersebut coba hidupkan tv.  alhasil tv kembali normal dan gambar sudah penuh atas bawah,  serta garis-garis halus pada bagian atas pun hilang.

Hasil gambar setelah penggantian Elco pada blok vertikal

Baca Juga Penyebab Tv Led LG 24 Inch Hanya suara saja


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Penyebab Tv LG 21 inch Layar Gambar Tidak Penuh Atas dan Bawah"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Kak mau tanya, kalau input video yang belakng bisa akan tetapi input audionya yang belakang tidak bisa. Itu solusinya bagaimana ya?
    Semisal ganti konektornya itu type apa ya yang cocok?

    Mukhlis
    085668785623

    ReplyDelete