Cara Memperbaiki Tv Fujitec Gambar Tidak Sinkron

Tv Fujitec Gambar Tidak Sinkron

Gambar tidak sinkron pada tv maksudnya adalah tv bisa menyala tetapi tampilan pada gambar kacau dan bergoyang-goyang.


Penyebab Gambar Tv Tidak Sinkron
Biasanya yang menyebabkan gambar pada tv tidak sinkron dikarenakan ic program yang rusak ataupun error.
Namun tidak setiap gejala kerusakan tv tidak sinkron tersebut disebabkan oleh ic program pada tv.
Bisa juga karena elco-elco yang kering, terutama pada bagian osilator tv.

Penyebab Tv Fujitec 21 inch Gambar Tidak Sinkron

Tv Fujitec Gambar Tidak Sinkron

Pada tv tabung, terdapat beberapa blok untuk menganalisa kerusakan yang dialaminya.


Karena pengalaman saya pada tv tidak sinkron biasanya disebabkan oleh elco-elco sekitar osilator yang kering.
Akan tetapi berbeda dengan tv fujitec yang saya temui tidak sinkron ini.
kerusakan tv fujitec 21 inch ini tidak sinkron bukan disebabkan karena elco-elco di sekitar osilator. tetapi pada blok lainyang mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki Tv Fujitec Tidak Sinkron

elco yang menyebabkan tv tidak sinkron

Setelah saya mengganti elco-elco di sekitar ic  program, saya coba hidupkan tv dengan harapan tv akan kembali normal, tapi usaha saya sia-sia. Lantas, sebelum memvonis ic program yang rusak, saya masih penasaran dengan tv tersebut .
Gambar bergoyang-goyang seolah hanya disebabkan elco yang kering.
Karena masih kurang yakin ic program tv yang rusak , lalu saya cek tegangan tinggi 180v, ternyata tegangannya drop. Saya ganti aja elco 22mikrofarad/250v . Karna elco ini berfungsi untuk tegangan tinggi menuju Blok RGB .
Setelah penggantian elco saya coba hidupkan tv , ternyata tv bisa hidup normal dan gambar yang tadinya tidak teratur sudah sinkron lagi.

Padahal dilihat dari fisiknya, elco untuk tegangan tinggi ini tidak ada menggembung.
Mungkin elco nya sudah kering , sehingga menyebabkan tegangan 180v nya drop.
Dengan adanya kerusakan tv fujitec yang tidak sinkron tadi memberikan pengalaman baru bagi saya dalam men servis tv yang gambarnya kacau atau tidak teratur.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Memperbaiki Tv Fujitec Gambar Tidak Sinkron"