Cara Memperbaiki Receiver Hanya Standby

Cara memperbaiki receiver matrix yang tidak keluar tampilan hanya lampu standby saja yang nyala.


PdmElektronik- pada kesempatan berbagi pengalaman sekarang ini, saya akan berbagi tentang cara memperbaiki receiver parabola yang tidak keluar tampilan ke tv, hanya lampu standby saja yang menyala . Pada saat pertama kali menemukan gejala seperti ini,  saya sangat kesulitan untuk memperbaikinya namun berkat yakin dan percaya , akhirnya saya mendapatkan pengalaman dari kerusakan tersebut.
Saat dinyalakan,  pada receiver hanya menyala pada lampu led hijaunya saja dan tidak ada tampilan muncul ke tv.
Walupun di tekan tombol power pada remote receiver tetap tidak berpengaruh.

Penyebab Kerusakan Receiver Matrix tidak keluar tampilan hanya lampu standby saja

Biasanya , yang menyebabkan sebuah receiver seperti mati suri adalah karena masalah software pada receiver yang error. Akan tetapi yang biasa mengalami mati suri ialah mesin receiver yang sudah HD , berbeda dengan mesin receiver yang saya perbaiki sekarang yang hanya Matrix Inspiro . Jadi saya kurang yakin karena kerusakan disebabkan karena masalah pada softwarenya .

Cara Memperbaiki Receiver Matrix yang tidak ada gambar, hanya lampu standby saja yang menyala


Memperbaiki Matrix Inspiro hanya standby


Saat setelah saya membuka casing receiver tersebut, saya pikir akan melihat body elco yang menggembung, tapi satu buah elco pun saya perhatikan tidak ada yang menggembung .
Dan saya coba cek tegangan output untuk ke mpeg , semua tegangan terukur normal, 3,3v-Ground-15v-22v.
Saya sempat mengira , apakah benar penyebab receiver tidak ada gambar karena masalah software?

Tapi saya masih belum yakin penyebab tidak adanya gambar receiver tersebut dikarenakan mpeg yang rusak , karena dulu saya pernah menemukan kerusakan pada receiver yang standby nya kedip-kedip

Baca juga penyebab receiver matrix burger lampu standby kedip-kedip

Waktu itu juga tidak ada elco-elco yang menggembung , namun kerusakan juga masih pada blok power suplay nya .
Dan pada receiver ini pun saya menduga juga rusak pada blok power suplay.
Saya coba cek aja komponen yang mencurigakan.
Logikanya, penyebab receiver matrix tidak bisa start masuk ke program karena kekurangan daya , lalu kecurigaan pun tertuju pada elco utama, yaitu 22mikrofarad/450v .

letak Elco 22mikrofarad/450v pada power suplay receiver

Karena elco inilah yang akan menmberikan tegangan untuk seluruh rangkaian.
Saya coba buka saja elco tersebut, dan saya coba ganti dengan elco yang baru .
Setelah pemasangan, coba hidupkan receiver.
Ternyata benar saja, receiver bisa start masuk ke program, lalu saya sambungkan ke kabel parabola dan tampilan gambar pun juga keluar.
Akhirnya receiver bisa normal dan bisa digunakan kembali.

Data receiver normal kembali setelah penggantian komponen yang rusak


Mungkin yang menyebabkan receiver menjadi standby gara-gara kapasitas elco yang sudah berubah , walaupun tidak ada tanda-tanda kerusakan pada bagian fisiknya.
Itupun menjadi pengalaman yang berharga bagi saya dalam memperbaiki receiver .
Tidak hanya dengan langsung mengganti blok power suplay nya dengan yang baru.
Walaupun harga power suplay receiver sekitar 30 ribuan , akan tetapi bagi tukang servis akan lebih menguntungkan jika masih bisa memperbaiki power suplay yang lama.
Yang menyebabkan elco jadi bocor seperti yang tadi itu bisa karena listrik PLN yang melonjak atau disebabkan gara-gara receiver selalu dinyalakan terlalu lama.

Namun sebagai catatan buat teman-teman, ada juga penyebab receiver standby tidak keluar gambar itu karena masalah pada mpeg digital nya . Karena ic pada mpeg bermasalah, jadi data receiver tidak tampil lagi.
Jika mpeg receiver telah rusak , solusinya adalah dengan mengganti receiver nya dengan yang baru , bukan mengganti mpeg nya , karena jarang yang menjual mpeg receiver di pasaran .

Baca Juga Cara Masuk Menu Servis Tv Sharp

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Memperbaiki Receiver Hanya Standby"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Salam untuk agan yg budiman,,
    Saya punya receiver waktu di nyalakan itu standby tapi gambar tidak masuk ke tv, itu ada masalah dimana ya? Sekiranya agan punya solusi
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya itu ada masalah di bagian regulatornya gan, coba di cek tegangan output regulator nya .

      Delete