Cara memperbaiki tv sharp wonder protek

Cara memperbaiki tv sharp wonder protek- Jika mendengar kata SHARP, para teknisi tv pasti sudah mengira kerusakan yang dialami merk tv yang satu ini adalah " PROTEK ".
Bagaimana tidak, tv yang memilii merk Sharp ini terkenal dengan begitu banyaknya pin protek dalam rangkaiannya.

Begitu juga dengan tv yang sedang saya perbaiki sekarang ini, Tv sharp standby tidak bisa start.
Hanya lampu indikator merah saja yang menyala tanda tv sharp mengalami gagal start.

Penyebab tv sharp wonder protek standby

Umumnya, penyabab tv mengalami protek dikarenakan adanya masalah pada blok vertikal mesin tv.
Baca Pembagian blok mesin tv tabung


Ic vertikal tv sharp wonder ini menggunakan seri TDA 8357 yang sangat jarang sekali dijual di pasaran.
untung saja saya mempunyai stok ic tersebut untuk mengetes nya.

Setelah penggantian ic dan elco-elco di bagian blok tersebut, ternyata tv tetap saja protek.
Berarti tv sharp wonder ini protek bukan karena rusak vertikal.

sepertinya harus berpikir lebih keras lagi, kata saya dalam hati.

Selanjutnya saya coba untuk melepas pin protek satu per satu untuk menemukan di bagian manakah penyebab tv sharp wonder 21 inch tersebut.

Tv sharp wonder yang menggunakan IC TDA 9381 mempunyai beberapa titik protek yang akan memprotek tv jika terjadi masalah dalam rangkaiannya masing-masing.

Berikut titik-titik protek tv sharp wonder yang menggunakan IC TDA 9381:
  1. J223  ( Ini merupakan kawat jumper utama pin protek pada tv sharp menuju pin 8 ic TDA 9381 )
  2. D502 ( Protek tegangan input 45V ic vertikal TDA 8357 J )
  3. D503 ( Protek untuk tegangan output vertikal )
  4. D504 ( Protek untuk tegangan vcc audio 16V
  5. D606 ( Protek tegangan Abl/Xray )
  6. D609 ( Protek tegangan 8V )
  7. D613 ( Protek untuk tegangan 180V)
  8. D614 (Protek untuk tegangan heater )
  9. D752 ( Protek untuk tegangan 5V )
  10. Q603 ( Berbentu transistor SMD , ini untuk protek X-ray )

Lepaskan semua pin protek diatas lalu shortkan kaki Kolektor dan Emitor(Ground) transistor SMD Q723 agar power supplay selalu dipaksa ON.

Kolektor Q723 tersebut ditandai dengan 2 buah katoda dioda yang bertemu .

Setelah pin protek dilepas seperti diatas tadi, maka tv akan start seperti biasa dan kamu bisa melihat gejala yang timbul pada layar tv dari bagian manakah protek tersebut berasal.

Pada tv Sharp Wonder yang saya perbaiki ini, gejala yang terlihat pada tv adalah garis blanking putih pada layar.

Cara memperbaiki tv Sharp Wonder Protek


Biasanya garis blanking putih disebabkan karena tegangan 180V yang tidak normal, bisa disebabkan Elco yang bocor atau screen FBT terlalu tinggi.

Saat saya cek screen FBT, setelannya tidak tinggi kok.
Selanjutnya saya coba cek komponen di jalur tegangan 180V, disana saya temukan 2buah elco yang bocor di kakinya.
Nilainya adalah 4,7mikrofarad/250V.
Walaupun terlihat dari atas normal, ternyata dibawahnya sudah keluar cairan.

Langsung saya ganti saja elco tersebut dengan yang baru.

Setelah penggantian elco-elco di jalur 180V, Selanjutnya saya pasangkan kembali semua pin protek yang telah dilepas tadi.
Coba tes nyalakan tv, tv pun sudah normal kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memperbaiki tv sharp wonder protek"

Post a Comment