TV Sharp Piccolo 21 inch Standby? Ini Penyebabnya !

Cara Memperbaiki Tv Sharp Yang Hanya Hidup Lampu Merah Saja 


Kemarin saya dapat servisan tv Sharp Picollo , Kata yang punya tv semalam waktu nonton tv gak ada masalah tiba-tiba tv nya langsung mati aja cuma lampu nya saja yang nyala katanya .
Karena dirumah si user anak-anak ramai saya bawa aja tuh tv nya kerumah .
Setelah sampai saya tes dulu tv nya . ternyata iya , cuma lampu merah nya saja yang nyala persis seperti yang dibilang si empunya tv . langsung saya buka aja tuh casing nya .

Penyebab Tv Sharp Picolo Standby

Setelah casing dibuka saya bersihin dulu debu-debu pada mesin tv . kayaknya tv sejak baru beli baru pertama kali di servis nih .
saya solder ulang aja dulu bagian-bagian solderan yang udah retak . lalu saya hidupin lagi tv nya .
masih sama . Lampu standby nyala tapi gak nembak ke layar .

Cek tegangan B+ malah normal 110V - 125V . cek Transistor Horizontal juga gak short .
pikir-pikir dulu sambil minum kopi . kira-kira apa ya .
setelah agak tenang . saya coba ukur Vcc vertikal di pin 26v flyback lalu coba hidupkan tv , ternyata tegangan  nya drop sekitar 10v - 15v dc .
lalu saya coba ukur juga tegangan di pin 180v nya , cuma keluar 80v - 90v dc . 
sepertinya ini gara-gara flyback .

Tipe flyback yang dipakai JF0501-32601 karena gak punya stok flyback yang sama saya coba liat di mesin sharp yang lain , kebetulan udah rusak .
tipe di mesin yang ini memakai flyback FA 071 WJ . lalu saya liat skema nya , ternyata sama dengan JF0501-32601 tadi .

Persamaan Flyback Sharp 21 inch


Flyback Tv Sharp Piccolo 21 Inch
kalo tidak ada flyback dengan nomor yang sama bisa dipakai nomor yang lain asal data nya sama

PERSAMAAN Flyback JF0501-32601

saya coba pasangkan aja pada mesin sharp picollo tadi , setelah dipasang dan dipastikan tidak ada timah yang nempel . lalu saya tes idupin tv .
ukur tegangan vertikal udah gak drop lagi . lalu atur screen flyback . tv nya udah bisa idup lagi .
ternyata penyebab tv sharp protek tadi gara-gara flyback korslet .
karena saat start output flyback korslet dengan ground dan menyebabkan tv kembali standby .


Baca Juga
Penyebab Magic Com Tidak Panas


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TV Sharp Piccolo 21 inch Standby? Ini Penyebabnya !"

Post a Comment